Senin, 14 Agustus 2017

 3 Minggu Jualan Hewan Kurban, Pedagang Ini Kantongi Omzet Rp 3 M

3 Minggu Jualan Hewan Kurban, Pedagang Ini Kantongi Omzet Rp 3 M

Fakta Terkait

 3 Minggu Jualan Hewan Kurban, Pedagang Ini Kantongi Omzet Rp 3 M

Menjelang hari raya Idul Adha 1438 H, pedagang hewan kurban mulai menjamur di Jakarta. Para pedagang musiman tersebut memanfaatkan lahan-lahan kosong di Jakarta untuk lokasi kandang sekaligus tempat berjualan.

Sugiharto, salah seorang pedagang hewan kurban di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, mengatakan omzet penjualan dari sapi kurban terbilang besar, meski dirinya hanya berjualan selama kurang lebih 3 minggu saja.

"Kalau omzet ya ada Rp 3 miliaran. Itu buat diputar lagi untuk Idul Adha tahun depan. Nanti kalau pas Idul Adha yang kita bongkar-bongkar lagi, berhenti jualan. Sekarang saja Idul Adha masih jauh, sapi sudah laku 70%," ujar Sugiharto kepada detikFinance, Minggu (13/8/2017).

Dirinya tak tahu persis berapa keuntungan dari omzet tersebut, lantaran sapi-sapi yang dijualnya merupakan sapi milik sebuah yayasan pesantren di Bogor. Agar bisa mengirit modal yang dikeluarkan, pihaknya membeli sapi-sapi muda dari peternak dan pasar hewan, untuk kemudian digemukkan sendiri di kandang.

"Ini kan sapinya punya yayasan pesantren. Jadi keuntungan dari penjualan sapi balik ke pesantren. Tahun ini Alhamdulillah bisa jual 200 ekor sapi, meningkat dari tahun lalu sebesar 156 ekor," ujar Sugiharto.

Sementara itu, Muhammad Ichsan, pedagang sapi kurban asal Pamekasan yang membuka kandang untuk 75 di Pondok Kopi mengatakan, omzet sekali berjualan hewan kurban selama setidaknya 3 pekan jelang Idul Adha bisa mencapai Rp 1,4 miliar.

"Kalau saya punya 75 ekor, kalau dihitung semua laku terjual ya sekitar dapat Rp 1,4 miliar. Kalau dari pengalaman tahun-tahun lalu selalu habis. Itu kan tergantung jumlah sapi dan beratnya. Kalau saya kebetulan sapi sendiri dibawa langsung dari Madura," ungkap Ichsan. (idr/dna) 




FAKTA KESEHATAN
loading...

MisterFakta.com menyajikan info ringan untuk kalian baca. Diambil dari berbagai sumber yang kredibel. Bukan gossip!.

FAKTA TERBARU